LEMBAR KERJA ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD IPS KELAS VII PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD Kompetensi : Memahami keterkaitan antara SKL, KI dan KD pada Kurikulum 2013 Tujuan Kegiatan : Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD Kelompok Kerja : Kelompok 2 1. Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Tahun 2013 2. Baca dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006 (Permendiknas Th 2006) 3. Bacalah KI dan KD semua mata pelajaran (tertuang dalam format kajian) 4. Baca Tema-tema 1 tahun yang telah tersedia 5. Bacalah dan atau buatlah Indikator yang mengacu pada KD dan Tema 6. Pelajari aspek-aspek keterkaitan antara KI, KD, dan Indikator serta Tema yang tersedia (dalam format kajian) 7. Buatlah ceklist dari setiap Indikator dikorelasikan dengan Tema-Temasatu tahun (dapat dilakukan secara kelompok dan atau Individu) 8. Setelah selesai masukkan hasil ceklist ke dalam format Jaringan KD & Indikator   LEMBAR KERJA ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD ILMU PENGETAHUAN SOSIALKELAS VII MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS : VII TEMA : Keadaan Penduduk Indonesia SUB TEMA : 1. Asal – usul penduduk indonesia Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian Sikap Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya 1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 1.2 menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat. Asal Usul Penduduk Indonesia Salam dan doa, menanyakan kondisi siswa. 1. Penilaian sikap (observasi, cek list) Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efekti fdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik Peta Asal Usul Penduduk Indonesia Siswa berani bertanya Penilaian sikap Pengetahuan Memilikipengetahuan Faktual, konseptualdanproseduraldalam Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata 3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik ) 3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat Asal Usul Penduduk Indonesia 1) Mengamati : Peserta didik mengamati peta perjalanan nenek moyang Indonesia 2.Menanya : Peserta didik menanyakan tentang asal usul nenek moyang Indonesia dan ras dari penduduknya. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar. 3. Mengasosiasi a) Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis asal usul nenek moyang bangsa Indonesia b) Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia 4) Mengumpulkan data/informasi a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia b) Peserta didik menelaah tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia 1. Penilaian pengetahuan ( tertulis / uraian ) Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkretmenggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori 4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik) 4.2 menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenisjenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar. Asal Usul Penduduk Indonesia 1 . Mengomunikasikan a) Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan. b) Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas, majalah dinding sekolah, dan mengunggahnya di blog masing-masing. - Penilaian ketrampilan ( presentasi) SUB TEMA : 2. Cirri – ciri atau karateristik penduduk indonesia 2.1 Jumlah dan kepadatan penduduk Indonesia Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian Sikap Pengetahuan Ketrampilan Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya Memilikipengetahuan Faktual, konseptualdanproseduraldalam Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah 1). Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori. (KI 4) 1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 1.2 menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat. 2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik. 3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik). 3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat. 4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik). 4.2 menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenisjenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar. Jumlah dan kepadatan penduduk Indonesia Jumlah dan kepadatan penduduk Indonesia Jumlah dan kepadatan penduduk indonesia Salam dan berdoa Siswa berani bertanya 1) Mengamati Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang : daftar jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing Provinsi di Indonesia. 2) Menanya Peserta didik menanyakan tentang: a) Jumlah penduduk yang terpadat atau yang terjarang di Indonesia. b) Jumlah penduduk yang terpadat. Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan untuk pencapaian kompetensi dasar. 3) Mengumpulkan data/informasi a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang keadaan penduduk Indonesia. b) Peserta didik mengamati gambar atau tentang keadaan penduduk yang terjadi di suatu wilayah dan diminta untuk mencatat berbagai fakta yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang terkait pendudk Indonesia. 4) Mengasosiasi a) Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis penduduk Indonesia dilihat jumlah dan kepadatan. b) Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang penduduk Indonesia dilihat dari jumlah dan kepadatan. `1) mengomunikasikan a) Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan. b) Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas, majalah dinding sekolah, mengunggahnya di blog masing-masing. 1Penilaian sikap (observasi, cek list) Observasi Tertulis ( uraian) Presentasi dan penugasan Penilaian sikap 2. Penilaian pengetahuan ( tertulis / uraian ) - Penilaian ketrampilan ( presentasi) SUB TEMA : C. Mobilitas Penduduk Anatar Wilayah di Indonesia dan Fasilitas Pendukungnya Sub – sub Tema : c1. Mobilitas penduduk di Indonesia Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian Sikap Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 1.2. menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat. 2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik Mobilitas pendudul Indonesia Salam dan berdoa Siswa berani bertanya Observasi (cek list) Observasi (cek list) Pengetahuan Memilikipengetahuan Faktual, konseptualdanproseduraldalam Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata 3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik ) 3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat Mobilitas pendudul indonesia 1) Mengamati Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang: a. Kegiatan Ekonomi di kota b. Pemukiman penduduk di desa 2) Menanya Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang: a. Faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas penduduk dari desa ke kota, dari suatu daerah ke daerah lain b. Cara melakukan mobilitas c. Tujuan dari mobilitas Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar. 3) Mengumpulkan data/informasi a. Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya b. Peserta didik menyaksikan gambar atau tentang keadaan penduduk yang terjadi di suatu wilayah dan diminta untuk mencatat berbagai fakta yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang terkait mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya 4) Mengasosiasi a. Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya b. Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah 1) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori. (KI 4) 4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik ) 4.2 menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenisjenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di lingkungan masyarakat sekitar Mobilitas pendudul indonesia 1.Mengomunikasikan a. Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok masing-masing, anggota kelompok lain memberikan tanggapan. b. Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah dinding kelas, majalah dinding sekolah, mengunggahnya di blog masing-masing. - Rubric Presentasi dan diskusi SUB TEMA : Pengertian dan jenis lembaga social Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian Sikap Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya H 1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 1.2 menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat. 2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai, dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik Pengertian dan jenis lembaga social Pengertian dan jenis lembaga sosial Salam dan doa Berani bertanya Observasi dan cek list Observasi dan cek list Pengetahuan Memilikipengetahuan Faktual, konseptualdanproseduraldalam Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata 1) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik) 3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat Pengertian dan jenis social 1. Keluarga 2. Lembaga pendidikan 3. Lembaga ekonomi 4. Politik 5. Agama 1) Mengamati Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang: Gambar aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai politik, gambar kegiatan ekonomi, gambar lembaga pendidikan dan gambar keluarga 2) Menanya Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang: a. Pengertian lembaga sosial b. Jenis-jenis lembaga sosial Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan pencapaian kompetensi dasar. 3) Mengumpulkan data/informasi a. Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi lain yang relevan tentang jenis lembaga sosial b. Peserta didik mencari informasi tentang jenis-jenis lembaga sosial 4) Mengasosiasi a. Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk menganalisis jenis-jenis lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat b. Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang jenis-jenis lembaga sosial dan perannya bagi masyarakat Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda) Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah 1) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Komentar

  1. BetVictor Casino Review - JTM Hub
    BetVictor Casino 당진 출장마사지 Review. BetVictor casino is rated 2.9 out of 경상남도 출장안마 5 by our members and 27% 전라남도 출장샵 of them said: 김천 출장샵 "liked it". Read more. 동해 출장마사지

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SURVEI GEOMORFOLOGI

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI Karakteristik Longsorlahan Di Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas”.

CONTOH MAKALAH GEOGRAFI LINGKUNGAN ( SUMBER DAYA ALAM )