LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
IPS KELAS VII
PETUNJUK KEGIATAN ANALISIS SKL, KI DAN KD
Kompetensi : Memahami keterkaitan antara SKL, KI dan KD pada Kurikulum 2013
Tujuan Kegiatan : Menganalisis keterkaitan SKL, KI dan KD
Kelompok Kerja : Kelompok 2
1. Bacalah substansi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Tahun 2013
2. Baca dan komparasikan dengan SKL Tahun 2006 (Permendiknas Th 2006)
3. Bacalah KI dan KD semua mata pelajaran (tertuang dalam format kajian)
4. Baca Tema-tema 1 tahun yang telah tersedia
5. Bacalah dan atau buatlah Indikator yang mengacu pada KD dan Tema
6. Pelajari aspek-aspek keterkaitan antara KI, KD, dan Indikator serta Tema yang tersedia (dalam format kajian)
7. Buatlah ceklist dari setiap Indikator dikorelasikan dengan Tema-Temasatu tahun (dapat dilakukan secara kelompok dan atau Individu)
8. Setelah selesai masukkan hasil ceklist ke dalam format Jaringan KD & Indikator
LEMBAR KERJA
ANALISIS KETERKAITAN SKL, KI, dan KD
ILMU PENGETAHUAN SOSIALKELAS VII
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS : VII
TEMA : Keadaan Penduduk Indonesia
SUB TEMA : 1. Asal – usul penduduk indonesia
Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang dianutnya 1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya
1.2 menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat. Asal Usul Penduduk Indonesia Salam dan doa,
menanyakan kondisi siswa.
1. Penilaian sikap (observasi, cek list)
Menghargai dan menghayati perilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efekti fdengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai,
dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik Peta Asal Usul Penduduk Indonesia Siswa berani bertanya Penilaian sikap
Pengetahuan Memilikipengetahuan
Faktual, konseptualdanproseduraldalam
Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata
Memahamipengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budayaterkaitfenomenadankejadiantampakmata 3.1Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik )
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat Asal Usul Penduduk Indonesia 1) Mengamati : Peserta didik mengamati peta perjalanan nenek
moyang Indonesia
2.Menanya : Peserta didik menanyakan tentang asal usul nenek
moyang Indonesia dan ras dari penduduknya. Pada saat
yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan
ke pencapaian kompetensi dasar.
3. Mengasosiasi
a) Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk
menganalisis asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
b) Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah
pendapat tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia
4) Mengumpulkan data/informasi
a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi
lain yang relevan tentang asal usul nenek moyang bangsa
Indonesia
b) Peserta didik menelaah tentang asal usul nenek moyang
bangsa Indonesia
1. Penilaian pengetahuan ( tertulis / uraian )
Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah
Mencoba, mengolah, danmenyajidalamranahkonkretmenggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas
antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
4.2 menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenisjenis
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di
lingkungan masyarakat sekitar. Asal Usul Penduduk Indonesia 1 . Mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan
kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok
masing-masing, anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
b) Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media:
majalah dinding kelas, majalah dinding sekolah, dan
mengunggahnya di blog masing-masing. - Penilaian ketrampilan ( presentasi)
SUB TEMA : 2. Cirri – ciri atau karateristik penduduk indonesia
2.1 Jumlah dan kepadatan penduduk Indonesia
Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap
Pengetahuan
Ketrampilan
Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memilikipengetahuan
Faktual, konseptualdanproseduraldalam
Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah
1). Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori. (KI 4) 1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya
1.2 menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai,
dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik.
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik).
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas
antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik).
4.2 menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenisjenis
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di
lingkungan masyarakat sekitar. Jumlah dan kepadatan penduduk Indonesia
Jumlah dan kepadatan penduduk Indonesia
Jumlah dan kepadatan penduduk indonesia Salam dan berdoa
Siswa berani bertanya
1) Mengamati
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang : daftar
jumlah penduduk dan luas wilayah masing-masing Provinsi
di Indonesia.
2) Menanya
Peserta didik menanyakan tentang:
a) Jumlah penduduk yang terpadat atau yang terjarang di
Indonesia.
b) Jumlah penduduk yang terpadat.
Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi,
peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan
pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban
sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan untuk pencapaian kompetensi dasar.
3) Mengumpulkan data/informasi
a) Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain
yang relevan tentang keadaan penduduk Indonesia.
b) Peserta didik mengamati gambar atau tentang keadaan
penduduk yang terjadi di suatu wilayah dan diminta untuk
mencatat berbagai fakta yang relevan untuk menjawab
pertanyaan yang terkait pendudk Indonesia.
4) Mengasosiasi
a) Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk
menganalisis penduduk Indonesia dilihat jumlah dan
kepadatan.
b) Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil
curah
pendapat tentang penduduk Indonesia dilihat dari jumlah
dan kepadatan.
`1) mengomunikasikan
a) Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan
kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok
masing-masing, anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
b) Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah
dinding kelas, majalah dinding sekolah, mengunggahnya
di blog masing-masing. 1Penilaian sikap (observasi, cek list)
Observasi
Tertulis ( uraian)
Presentasi dan penugasan
Penilaian sikap
2. Penilaian pengetahuan ( tertulis / uraian )
- Penilaian ketrampilan ( presentasi)
SUB TEMA : C. Mobilitas Penduduk Anatar Wilayah di Indonesia dan Fasilitas Pendukungnya
Sub – sub Tema : c1. Mobilitas penduduk di Indonesia
Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar
Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya
1.2. menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai,
dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial,
budaya, ekonomi, dan politik Mobilitas pendudul Indonesia
Salam dan berdoa
Siswa berani bertanya Observasi (cek list)
Observasi (cek list)
Pengetahuan Memilikipengetahuan
Faktual, konseptualdanproseduraldalam
Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata
3) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik )
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam masyarakat Mobilitas pendudul indonesia 1) Mengamati
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang:
a. Kegiatan Ekonomi di kota
b. Pemukiman penduduk di desa
2) Menanya
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang:
a. Faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas penduduk
dari desa ke kota, dari suatu daerah ke daerah lain
b. Cara melakukan mobilitas
c. Tujuan dari mobilitas
Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi,
peserta didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan
pokok/penting sebagai landasan untuk merumuskan jawaban
sementara. Pada saat yang sama guru mengarahkan pada
pertanyaan-pertanyaan ke pencapaian kompetensi dasar.
3) Mengumpulkan data/informasi
a. Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain
yang relevan tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya
b. Peserta didik menyaksikan gambar atau tentang keadaan
penduduk yang terjadi di suatu wilayah dan diminta untuk
mencatat berbagai fakta yang relevan untuk menjawab
pertanyaan yang terkait mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya
4) Mengasosiasi
a. Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk
menganalisis mobilitas penduduk dan fasilitas pendukungnya
b. Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah
pendapat tentang mobilitas penduduk dan fasilitas
pendukungnya
Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah
1) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori. (KI 4) 4.1 Menyajikan hasil telaah aspek keruangan dan konektivitas
antar ruang dan waktu dalam lingkup regional serta
perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan, dan politik )
4.2 menghasilkan gagasan kreatif untuk memahami jenisjenis
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik di
lingkungan masyarakat sekitar Mobilitas pendudul indonesia 1.Mengomunikasikan
a. Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di
depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok
masing-masing, anggota kelompok lain memberikan
tanggapan.
b. Peserta didik menyajikan hasil simpulan pada media: majalah
dinding kelas, majalah dinding sekolah, mengunggahnya di
blog masing-masing. - Rubric Presentasi dan diskusi
SUB TEMA : Pengertian dan jenis lembaga social
Domain Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar Materi/ Konsep Esensial Aktivitas/Kegiatan Belajar Siswa
untuk Mencapai Kompetensi Teknik dan Bentuk Instrumen Penilaian
Sikap Memilikiperilaku yang mencerminkansikap orang beriman, berakhlakmulia, percayadiri, danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
1) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2) Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri,
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
H
1.1 menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan
waktu dengan segala perubahannya
1.2 menghargai ajaran Agama dalam berpikir dan berperilaku
sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
masyarakat.
2.2 Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, peduli, menghargai,
dan bertanggungjawab terhadap kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik Pengertian dan jenis lembaga social
Pengertian dan jenis lembaga sosial Salam dan doa
Berani bertanya Observasi dan cek list
Observasi dan cek list
Pengetahuan Memilikipengetahuan
Faktual, konseptualdanproseduraldalam
Ilmupengetahuan, teknologi, seni, danbudayadenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadian yang tampakmata
1) Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
3.1 Memahami aspek keruangan dan konektivitas anta ruang
dan waktu dalam lingkup regional serta perubahan dan
keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya,
pendidikan, dan politik)
3.3 Memahami jenis-jenis kelembagaan sosial, budaya, ekonomi,
dan politik dalam masyarakat Pengertian dan jenis social
1. Keluarga
2. Lembaga pendidikan
3. Lembaga ekonomi
4. Politik
5. Agama 1) Mengamati
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang: Gambar
aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan, gambar partai
politik, gambar kegiatan ekonomi, gambar lembaga pendidikan
dan gambar keluarga
2) Menanya
Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang:
a. Pengertian lembaga sosial
b. Jenis-jenis lembaga sosial
Berdasarkan sejumlah pertanyaan yang teridentifikasi, peserta
didik menentukan/memilih sejumlah pertanyaan pokok/penting
sebagai landasan untuk merumuskan jawaban sementara. Pada
saat yang sama guru mengarahkan pada pertanyaan-pertanyaan
pencapaian kompetensi dasar.
3) Mengumpulkan data/informasi
a. Peserta didik membaca buku teks pelajaran / referensi
lain yang relevan tentang jenis lembaga sosial
b. Peserta didik mencari informasi tentang jenis-jenis
lembaga sosial
4) Mengasosiasi
a. Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat
untuk menganalisis jenis-jenis lembaga sosial dan
perannya bagi masyarakat
b. Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah
pendapat tentang jenis-jenis lembaga sosial dan
perannya bagi masyarakat Tes tertulis (uraian atau pilihan ganda)
Keterampilan Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Sesuai dengan yang dipelajari di sekolah atau sumber lain yang sama dengan yang diperoleh dari sekolah
1) Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/
teori.
SURVEI GEOMORFOLOGI
SURVEI GEOMORFOLOGI 3.1. Pendahuluan. Studi geomorfologi merupakan studi yang menitik beratkan pada bentuklahan penyusun konfigurasi permukaan bumi. Konfigurasi permukaan bumi merupakan pencerminan interaksi proses endogen dan eksogen. Konfigurasi permukaan bumi yang dibentuk oleh proses-proses endogen merupakan unit geomorfologi yang bersifat kontruksifyang dipengaruhi oleh faktor-faktor geologi dan topografi. Unit geomorfologi tersebut dapat dirinci menjadi unit-unit bentanglahan. Unit bentanglahan dapat dirinci menjadi unit bentuklahan dan unit bentuklahan dirinci manjadi unit medan dan atau unit lahan. Bentanglahan merupakan suatu wilayah yang mempunyai karakteristik tertentu, dalam hal ini: bentuklahan, tanah, vegetasi, dan pengaruh manusia (Vink, 1983). Bentanglahan mencakup bentukan alami dan non alami, atau budaya. Bentuklahan merupakan bagian dari permukaan bumi yang mempunyai bentuk...
BetVictor Casino Review - JTM Hub
BalasHapusBetVictor Casino 당진 출장마사지 Review. BetVictor casino is rated 2.9 out of 경상남도 출장안마 5 by our members and 27% 전라남도 출장샵 of them said: 김천 출장샵 "liked it". Read more. 동해 출장마사지